Research & Study for Tobacco Control
Are carried out to capture issues and problems into a collection of evidence and facts that will support advocacy and campaigns.
advocacy messages and campaigns refer to issues and problems based on a collection of evidence and facts (evidence-based advocacy/campaign).
Dokumenter Video
|
Solusi Puntung Rokok? Dengan produksi tahunan sebesar 324 miliar batang rokok, miliaran puntung rokok mencemari lingkungan, menyumbang substansial pada polusi dan sampah. Fenomena ini menciptakan masalah sampah di masyarakat dan sampah mikroplastik dari filter rokok yang sering terabaikan, tetapi berdampak besar bagi lingkungan. |
Perokok Pasif Dalam Diam Menyimpan Bencana 120 Juta penduduk Indonesia menjadi perokok pasif, menutut Hak kesehatan dan Hak udara bersih. |
Parade Mural Hari Kesehatan Nasional Mendorong Revisi PP 109/2012 Sejak 2010 Indonesia dijuluki “baby smoker country”. Kita terbiasa dengan pemandangan seperti ini. Seberapapun pengawasan orang tua. Seberapapun lingkungan menjaganya. Anak-anak tidak akan bisa menghadapi gempuran adiksi rokok sendirian. Negara harus hadir dengan regulasi yang kuat. |
|
Lentera Anak & Ureport Unicef | - Paparan & Pengaruh Iklan, Promosi, Sponsor Rokok & Rokok Elektronik & Regulasi tentang pengaturan Iklan Promosi Sponsor Rokok | Polling U-report tentang Iklan Promosi & sponsor rokok dan rokok elektronik (2024) | |||
Lentera Anak & Forum Anak |
![]() |
- Iklan, promosi dan sponsor rokok dalam berbagai bentuk masih ditemukan di semua wilayah dan berpotensi tidak membayar pajak reklame. - Anak-anak menemukan iklan, promosi dan sponsor rokok di titik penjualan, di jalan menuju sekolah, dan sekitar tempat mereka berkumpul dan berkegiatan yang bukan termasuk KTR. | Situasi IPS Rokok 9 Kota yang Katanya Layak Anak (2023) | ||
Lentera Anak, Ruandu, Pusaka, KAKAK, BGTC | Tempat penjualan disekitar sekolah merupakan wilayah publik dan bagian dari zona aman sekolah dimana seharusnya anak dilindungi dari target pemasaran industri rokok yang merupakan zat adiktif yang membahayakan Kesehatan dan tumbuh kembang anak. | Anak- Anak Masih Dikepung IPS Rokok (2021) | |||
Lentera Anak & Forum Anak | Industri rokok semakin agresif dalam melakukan pemasarannya dengan melakukan strategi “hard selling” yaitu menampilkan secara langsung merek rokok dalam iklan dan mempromosikan harga rokok murah untuk mempengaruhi anak dan remaja agar segera mengambil keputusan untuk membeli rokok | Potret Buram 10 Kota dikelilingi Iklan rokok (2017) | |||
Lentera Anak & Pembaharu Muda | Industri rokok bebas dan leluasa beriklan dengan masif di semua ruang publik. Bahkan di kota Bogor dan DKI Jakarta sekalipun yang telah memiliki peraturan pelarangan iklan rokok, industri rokok masih mencuri-curi kesempatan untuk mengiklankan produknya. | Invasi Iklan Rokok Tak terbendung Lagi (2016) | |||
Lentera Anak & Forum Anak |
Industri rokok mempromosikan harga rokok sangat murah sehingga terjangkau anak-anak. Sekalipun dipromosikan harga perbungkus, harganya tetap terjangkau oleh anak-anak. Karena sebagian besar kemasan rokok berisi hanya 12 batang, maka harga rokok tetap saja murah dan terjangkau. |
Rokok Murah Rayu Perokok Pemula (2017) |
|||
Lentera Anak & KPAI |
Seluruh wilayah konser merupakan tempat merokok. Ditemukan orang tua yang mengajak anak-anak hadir di konser WTF Ruang “We The Kids” cukup layak, jauh dari stage tersedia fasilitas yang layak untuk anak. Anak yang berkegiatan di sini harus didampingi keluarga/pendamping dewasa | Monitoring Sponsor Rokok Pada Konser Musik We The Fest /WTF (2024) |
|||
Lentera Anak, YLKI, Pusaka, KomnasPT, KAKAK, AJI, FAKTA |
Bahwa terdapat cukup banyak sebaran tempat penjualan rokok di sekitar sekolah, Bahwa produk tembakau yang dijual adalah rokok (97,42%) dan rokok ber-perisa (10,72%) |
Anak Indonesia Menjadi Target Industri Rokok (2020) |
|||
Lentera Anak & Fctc Warrior |
Harga rokok di Indonesia masih sangat murah dan terjangkau oleh anak – anak. Sampai bulan Februari 2018 ketika Peraturan Menteri Keuangan Nomor 146/PMK.010/2017 yang menaikan cukai rokok rata-rata sebesar 10,04% diimplementasikan, harga rokok masih murah dan terjangkau oleh anak-anak sehingga tidak mampu membatasi dan menjauhkan akses anak – anak terhadap rokok. |
Katalog Harga Rokok: Rokok Murah Anomali yang melahirkan dekadensi Generasi Penerus Bangsa (2018) |
|||
Lentera Anak |
Audisi Umum Bulutangkis Djarum menjadikan anak-anak sebagai objeknya. Adanya unsur melawan hukum pada Audisi Umum Bulutangkis Djarum terlihat ketika program Audisi Umum Bulutangkis Djarum dicemati dengan merujuk PP 109 tahun 2012 tentang Pengamanan Bahan Yang Mengandung Zat Adiktif Berupa Produk Tembakau Bagi Kesehatan. serta Memanfaatkan tenaga atau kemampuan anak untuk mendapatkan keuntungan materiil. |
SMASH Eksploitasi Anak dibalik Audisi Djarum Badminton (2019) Lembar Analisis: Eksploitasi Anak dalam Audisi Djarum Badminton (2019) |
|||
Dokumenter Video
|
Smoke Free Heritage - Indonesia Wonderful Indonesia - Unveil the astonishing smoke-free heritages of Indonesia with SEATCA |
Audisi Eksploitasi Anak Indonesia Pemanfaatan tubuh anak sebagai media promosi merupakan salah satu bentuk eksploitasi secara ekonomi (Pasal 66 UU Perlindungan Anak No. 35/2014). Karena ada pihak lain yang akan mendapatkan keuntungan melalui promosi tersebut yaitu meningkatnya kesadaran terhadap brand produknya. Sementara itu, anak-anak tidak menyadarinya dan mengikuti audisi hanya untuk mengembangkan dirinya sebagai atlet bulutangkis. |
Pelucuran Indeks Gangguan Industri Rokok Demokrasi dan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) merupakan fondasi penting untuk mencapai kehidupan masyarakat yang sehat dan sejahtera. Tata kelola pemerintah yang baik adalah sebuah prinsip dan praktik yang merujuk kepada cara pemerintahan atau organisasi mengelola dan mengatur urusan mereka. |